Thursday, May 2, 2013

Dampak negatif isu sosial


Dampak negatif isu sosial terhadap komputer :
a.       Manusia tergantung dengan komputer.
b.      Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
c.       Hacker yang mengakses/merusak data-data pribadi dalam komputer walaupun sudah menggunakan sandi kunci atau password.

d.      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.  Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial.
e.       Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.
f.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
g.      Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka bertemu melalui internet daripada dengan bertemu langsung dan semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer.

Contoh pemanfaatan aplikasi komputer dalam bidang-bidang yang belum diuraikan dalam perkuliahan :
a.       Di bidang Industri
·            CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan
·            CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.
·            Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia.
·            APT (Automatically Programmed Tolls) Merupakan komputer untuk mengatur pengawasan proses produksi industri secara otomatisasi 
·            Pemanfaatan GIS (Geographical Information System) dalam industri pertanian, mengontrol mesin-mesin produksi CNC (Computer Numerical Contor).

b.      Di bidang Transportasi 
·            Air Traffic Control merupakan suatu kendali dalam pengaturan lalu lintas udara yang berfungsi untuk mengatur lalu lalang serta kelancaran lalu lintas udara bagi setiap pesawat terbang yang akan lepas landas (take off), terbang di udara, maupun yang akan mendarat (landing). ATC juga berfungsi untuk memberikan layanan bantuan informasi bagi pilot tentang cuaca, situasi dan kondisi bandara yang dituju.    
·            ATCS/ITCS (Area Traffic Control System/Integrated Traffic Control System), ITS ( Intelegent Transport System) yang berguna mengatasi permasalahan lalu lintas di tingkat lokal, sedangkan ditingkat regional dan nasional pengembangan Transportation Management Centre (TMC) merupakan salah satu solusi terbaik dari sistem teknologi informasi yang dapat dikembangkan.
·            Aplikasi komputer berbasis GPS (Geo Positioning System) digunakan sebagai alat bantu navigasi baik darat, laut maupun udara.
·            Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.
c.       Di bidang Pendidikan
·         CMI (Computer-manajed Instruction ), aplikasi yang berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran.
·         CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran.
·         CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.
·         Microprocessor assembler simulator, aplikasi untuk debug program pendek dan untuk mempelajari pemrograman bahasa assembly sebagai bagian dari program ilmu komputer.
·         Microsoft Biologi Foundation (MBF) adalah aplikasi bahasa-netral bioinformatika tool kit dibangun sebagai ekstensi untuk Microsoft NET Framework.
·         Memanfaatkan program generic. Pada level pertama ini biasanya digunakan untuk proses adminisitrasi biasa seperti pengetikan, input nilai dll. contoh aplikasinya seperti Microsoft Office, OpenOffice.org dll.
·         Memanfaatkan paket perangkat lunak khusus yang dirancang khusus untuk sistem pengelolaan administrasi pendidikan, dan penyampaian materi, dijalankan pada komputer “stand-alone” contoh aplikasinya, PhotoStory, Visio, Weka, SPSS, Macromedia, Flash dll.
·         Pembelajaran memanfaatkan jaringan komputer dan Internet. contohnya, distant learning, web-based interactive, quiz online dsb.

d.      Di bidang Penelitian
·         CAT ( Computerized Axial Tomography )yaitu prosedur x-ray yang menggabungkan banyak x-ray gambar dengan bantuan komputer untuk menghasilkan cross-sectional pandangan dan, jika diperlukan, gambar tiga dimensi dari organ internal dan struktur tubuh.
·         DSR ( Dinamic Spacial Reconstructor ) adalah computed tomography unik (CT) berbasis scanner berharga untuk pencitraan tiga dimensi dan visualisasi dari resolusi temporal tinggi tiga-dimensi siklus jantung.
·         SPECT ( Single Photon Emmision Computer Tomography )adalah kedokteran nuklir tomografi [1] teknik pencitraan menggunakan sinar gamma.
·         NMR ( Nuclear Magnetik Resonance )adalah fenomena fisik di mana inti magnet dalam medan magnet menyerap dan kembali memancarkan radiasi elektromagnetik.
·         PET ( Position Emmision Tomgraphy )adalah teknik pencitraan medis nuklir yang menghasilkan gambar tiga dimensi atau gambar proses fungsional dalam tubuh.
·         CHEMCAD (Chemical Computer Aided Design), aplikasi untuk kimiawan dan insinyur untuk memperluas kemampuan dan meningkatkan produktifitas.

e.       Di bidang Pertahanan dan Keamanan
·         MOTION (Metropolitan Orleans Total Information online Network)menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
·         ARJIS ( Automated Regional Justice Information System )menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku criminal.
·         Dibidang militer/hankam komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,  untuk  melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.

Dampak negatif dari pemanfaatan komputer :
·         Memungkinkan seseorang, khususnya anak-anak untuk meniru budaya kekerasan dan budaya yang tidak sesuai dengan adat bangsa Indonesia.
·         Memungkinkan munculnya penipuan atau jenis kejahatan baru melalui internet
·         Berbagi file yang tidak dikehendaki. Kemudahan berbagi file bisa mengakibatkan kebocoran data, karena dibaca oleh orang yang tidak berhak mengksesnya.
·         Penyebaran Virus Komputer
·         Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan. Berbagai peralatan TIK seperti komputer, internet, banyak menayangkan dan menampilakan tindakan-tindakan pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan yang dengan cepat ditiru para penikmatnya.
·         Terlalu lama dapat merusak mata
·         Kemajuan teknologi berpotensi membuat anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga menganggap bahwa apa yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final. Pada faktanya ada begitu banyak hal yang mesti digali lewat proses pembelajaran tradisional dan internet tidak bisa menggantikan kedalaman.
·         Kemajuan teknologi mempercepat segalanya dan tanpa disadari anak pun dikondisikan untuk tidak tahan dengan kelambanan dan keajegan. Alhasil anak makin hari makin lemah dalam hal kesabaran serta konsentrasi dan cepat menuntut orang untuk memberi yang diinginkannya dengan segera.
·         Kemajuan teknologi juga berpotensi mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal. Waktu untuk bercengkerama secara langsung berkurang karena sekarang waktu tersita untuk menikmati semuanya dalam kesendirian. Bahkan permainan pun bersifat individual sehingga makin memperkecil jalinan relasi.

Referensi :

2 comments:

Nadiatul Faizah said...

Terimakasih atas artikel nya kak, sangat membantu saya dalam memahami materi yang dipelajari di kampus saya. Saya Nadia dari kampus ISB Atma Luhur
Keep your great work!

Nadiatul Faizah said...

Terimakasih atas artikel nya kak, sangat membantu saya dalam memahami materi yang dipelajari di kampus saya. Saya Nadiatul Faizah dari kampus ISB Atma Luhur
Keep your great work!

Post a Comment