Thursday, May 16, 2013

Klasifikasi Cyber Crime


KASUS CYBERCRIME PENYEBARAN VIRUS SECARA SENGAJA
     Penyebaran virus dengan sengaja, ini adalah salah satu jenis kasus cyber crime yang terjadi pada bulan Juli 2009, Twitter (salah satu jejaring social yang sedang naik pamor di masyakarat belakangan ini) kembali menjadi media infeksi modifikasi New Koobface, worm yang mampu membajak akun Twitter dan menular melalui postingannya, dan menjangkiti semua follower. Semua kasus ini hanya sebagian dari sekian banyak kasus penyebaran malware di seantero jejaring social. Twitter tak kalah jadi target, pada Agustus 2009 diserang oleh penjahat cyber yang mengiklankan video erotis. Ketika pengguna mengkliknya, maka otomatis mendownload Trojan-Downloader.Win32.Banload.sco.

Modus serangannya adalah selain menginfeksi virus, akun yang bersangkutan bahkan si pemiliknya terkena imbas. Karena si pelaku mampu mencuri nama dan password pengguna, lalu menyebarkan pesan palsu yang mampu merugikan orang lain, seperti permintaan transfer uang . Untuk penyelesaian kasus ini, Tim keamanan dari Twitter sudah membuang infeksi tersebut. Tapi perihal hukuman yang diberikan kepada penyebar virusnya belum ada kepastian hukum.

Klasifikasi contoh Cryber Crime berdasarkan :
1.      Jenis Kegiatannya
Kasus di atas berdasarkan jenis kegiatannya dia termasuk pada Penyebaran Virus Secara Sengaja untuk mengambil keuntungan antara lain untuk modus kejahatan penipuan dalam penyebaran pesan palsu dengan memakai username dan password akun seseorang yang mampu merugikan orang lain.

2.      Motifnya
      Sebagai tindakan murni kriminal yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan agar mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

3.      Sasaran Kejahatannya
      pada kasus ini pengguna internet sebagai sasaran kejahatannya yang dimana pengguna internet yang dituju adalah para pemakai jejaring sosial Twitter.

4.      Faktor yang mempengaruhinya
            Faktor yang mempengaruhi terjadinya kasus ini disebabkan oleh faktor ekonomi. Sebab dijelaskan bahwa selain menginfeksi virus, akun yang bersangkutan bahkan si pemiliknya akan terkena imbas. Karena si pelaku mampu mencuri nama dan password pengguna, lalu menyebarkan pesan palsu yang mampu merugikan orang lain, seperti permintaan transfer uang .

Referensi :

0 comments:

Post a Comment