Thursday, March 14, 2013

Makalah Web Gis


BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Balakang
           Dengan seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, perkembangan teknologi pun seiring dengan perkembangan zaman tesebut. Perekembangan teknologi tersebut juga berpengaruh pada kemajuan teknologi dalam dunia IT (Information Technology) yang juga berkembang dengan pesat . Salah satunya adalah dengan munculnya Teknologi GIS (Geografis Information System).

           Teknologi GIS (Georaphic Information System) telah berkembang pesat. Saat ini  telah dikenal istilah-istilah Desktop GIS, WebGIS, dan Database Spatial yang merupakan  wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan  solusi atas berbagai permasalahan yang hanya dapat dijawab dengan tekhnologi GIS ini.  
               Konsep dasar Web GIS sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS.

1.2    Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut: 
1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan Web GIS
2. Mengetahui Tujuan dan Manfaat WebGIS
3. Mengetahui Software untuk Pengembangan Web GIS (berbayar / open source)
4. Mengetahui Keuntungan Menggunakan WebGIS 
5. Mengetahui Website yang Menampilkan Web GIS
6. Mengetahui Contoh Pemanfaatan Web GIS

1.3    Manfaat
Manfaat yang dirahapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Menambah referensi;
2. Dapat mengetahui pengertian Web GIS, tujuan dan manfaat WebGIS, software untuk  pengembangan Web GIS (berbayar/open source), keuntungan menggunakan WebGIS. Website yang menampilkan WebGIS, contoh pemanfaatan webGIS ;
3. Dapat memahami dan mengetahui mengenai Sistem Informasi Geografi (GIS) sehingga dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan.

  
BAB II
PEMBAHASAN

2.1.    Pengertian Web GIS
               
Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS.
               WebGIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet / web. Pada konfigurasi WebGIS ada server yang berfungsi sebagai MapServer yang bertugas memproses permintaan peta dari client dan kemudian mengirimkannya kembali ke client. Dalam hal ini pengguna / client tidak perlu mempunyai software GIS, hanya menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, atau Google Chrome untuk mengakses informasi GIS yang ada di server.
               GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS. Hal ini disebabkan karena pengembangan applikasi di lingkungan jaringan telah menunjukan potensi yang besar dalam kaitannya dengan geo informasi. Sebagai contoh adalah adanya peta online sebuah kota dimana pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. Secara umum Sistem Informasi Geografis dikembangkan berdasarkan pada prinsip input/masukan data, managemen, analisis dan representasi data. Di lingkungan web prinsip-prinsip tersebut di gambarkan dan di implementasikan seperti pada table berikut :
GIS Prinsip
Pengembangan Web
Data Input
Client
Manajemen Data
DBMS dengan komponen spasial
Analisys Data
GIS Library di Server
Representasi Data
Client/server

2.2.    Tujuan dan Manfaat WebGIS
Tujuan dari WebGIS ini :
·            Mengembangkan peta digital berbasis WebGis untuk memudahkan pencarian data dan informasi tentang jaringan jalan, Fasilitas transportasi, aluran pematusan dan sarana prasarana pemadam kebakaran.
·            Memutakhirkan data dan menyusun mekanismenya yang bisa diterapkan.

Manfaat dari WebGIS ini :
·            Tersedianya peta atau informasi yang berbasis WebGIS yang tersusun dengan baik, akurat, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh awam sekalipun, baik berupa data maupun peta skematik.
·            Mendukung perencanaan makro jaringan jalan, transportasi, sistem drainase, sarana dan prasarana pemadam kebakaran di Kota Surabaya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2.3.    Software untuk Pengembangan WebGIS (berbayar / open source)
Perbedaan lisensi dan open source adalah :
·         Lisensi adalah pernyataan hak cipta. Lisensi Software proprietarymenyatakan siapa pun tidak boleh menggunakan tanpa izin (membayar lisensi),tidak boleh menggandakan, tidak boleh memodifikasi program dsb.
·         Open Source mengarah pada istilah Open Source Software (OSS) atauperangkat lunak terbuka, yakni perangkat lunak yang kode sumber programnyatidak dirahasiakan. Perangkat lunak atau program komputer itu dapat berbentukkode sumber yang dapat dipahami cara kerjanya oleh manusia, dan kode mesin(binary ) yang hanya dapat dijalankan oleh mesin komputer ( processor ).Pembuatan OSS biasanya didanai oleh banyak perusahaan/institusi danperorangan dengan kesepakatan untuk dijadikan software merdeka.Pengembang OSS menyediakan kode sumber program di internet atau CD/DVD,sehingga orang lain dapat mempelajari cara kerjanya, dapat memperbaiki ataumengembangkan lebih lanjut, dan tentu juga dapat menggunakan, serta dapatmenyebarluaskan. Pembuat OSS medapatkan bayaran dari membuat softwaredan pekerjaan lain terkait software itu, bukan menjual lisensi

Banyak software yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi WebGIS baik yang berbayar maupun yang gratis (Free Open Source GIS).
Software WebGIS berbayar :
·         ESRI ArcGIS Server
·         DEMIS
·         GeoMedia WebMap
·         MapInfo MapXtreme

Open source
·         SGeo Live 5.0
·         SAGA GIS.
·         MS4W (MapServer For Windows)
·         PostgreSQL
·         MapGuide Open Source
·         ALOV
·         GeoServer
·         MapBender
·         OpenLayer

            PT. WebGIS Indonesia yang disebut dengan weBGis adalah perusahaan yang bergerak dibidangInformation Technologykhususnya aplikasi GIS berbasis WEB.Sampai saat ini weBGis telah menghasilkan beberapa buah produk software dan aplikasinya antara lain : 


1.    weBGis Marketing
      weBGis Marketing adalah aplikasi pendukung pengambilan keputusan yang menyajikan data analisis dan statistikadalam bentuk peta (geografis). Aplikasi ini merupakan middleware(aplikasi pendukung) atau berdiri sendiri yang terkait dengan database       pengguna jasa aplikasi. weBGis Marketing dapat digunakan untuk analisia data statistik,pemasaran produk, perencanaan penjualan dan business intelligentyang disajikan dalam bentuk peta secara on-line.
      Intelligence Tracking system (i-Ts) Adalah suatu sistem yang memungkinkan suatu institusi atau perorangan untuk dapat mengontrol, memonitor dan mengikuti jejak semua unit kendaraan, orang atau unit bergerak (object) yang akan dimonitor dalam sistem koordinat geografis (peta). Dengan istilah lain yang lebih umum aplikasi tersebut dinamakan GPS Tracking atau VTS (Vehicle Tracking System).
                  Aplikasi iTs ini juga dapat dihubungkan dengan PDA atau device lain yang merupakan sumber data tentang posisi dan informasi yang akan disampaikan ke pusat data.

        Dengan background peta google, peta tematik yang akan ditampilkan akan lebih mudah diindentifikasi sesuai dengan kondiri real di lapangan.   Aplikasi ini juga bisa dengan mudah dimodifikasi sesuai dengan tema yang diinginkan oleh pengguna. Dengan Webgis on Google user lebih mengetahui informasi peta secara detail.



   Webgis Simponda adalah Sistem Informasi Potensi Daerah berbasisGIS*
(GeographicInformation System) yangdisajikan dalam menunjang pelaksanaan e-Government. Webgis Simpotenda menyajikan data unggulan potensi daerah seperti : Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata, Kehutanan, Pertanian & Perkebunan, Peternakan & Perikanan, Minyak & Pertambangan, Perindustrian, Ekonomi & Perdagangan, Perhubungan & Transportasi, Lingkungan Hidup.
                        Dalam Simpotenda ini juga ditampilkan peta batas administrasi, peta topografi dan data tentang kependudukan. Webgis Simpotenda merupakan bagian dari situs resmi pemerintah daerah yang dibuat berbasis GIS (peta) sehinggga dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat umum maupun calon pengunjung/investor melalui internet.
Keunggulan Aplikasi ini adalah :
·         Data dan lokasi geografis potensi daerah berhubungan secara interaktif
·         Data spasial (peta) disimpan dalam DBMS, sehingga dapat ditambah dan dimodifikasi secara online
·         Berbasis perangkat lunak gratis dan open source, sehingga biaya pengembangan relatif murah
·         Dalam penyajiannya aplikasi ini didukung oleh data, peta, sistem kerja dan sistem penyajian secara visual yang merupakan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan aplikasi-aplikasi yang lain.

5.    weBGis News & Information
                  weBGis News & Information merupakan aplikasi yang menyajikan informasi peta (geografis) dari berita yang disajikan dalam portal dan situs secara online. weBGis News & Information digunakan untuk aplikasi (middleware) berita atau informasi yang disajikan dalam situs atau portal yang terkait langsung ke pusat data (mediacenter), seperti situs berita, media centre, knowledge centre dan pusat pelayanan informasi

weBGis dikembangkan dengan dasar pemikiran bahwa aplikasi GIS adalah milik semua orang dan dapat dilihat oleh semua kalangan tanpa batasan umur, derajat, waktu dan tempat. Pandangan di blog ini merupakan gambaran umum dari weBGis untuk tampilan formalnya digambarkan di webgis.co.id

2.4.    Keuntungan Menggunakan WebGIS
               Perkembangan ke arah masa depan, penggunaan aplikasi WebGIS akan semakin luas dan makin banyak. karena mempunyai beberapa keuntungan sebagai berikut :
1.    Bisa menjangkau pengguna yang luas bahkan seluruh dunia, dengan biaya yang cukup murah.
2.    Pengguna tidak perlu perangkat lunak khusus, cukup menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, Google Chrome dan lain sebagainya.
3.    Bisa menyajikan peta interaktif seperti halnya menggunakan perangkat lunak GIS desktop.
4.    Tidak tergantung dari sistem operasi sehingga bisa dioperasikan pada semua komputer dengan berbagai sistem operasi.
5.    Tidak memerlukan software dan tool khusus dalam pengoperasiannya karena pada dasarnya yang diperlukan hanyalah browser yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.
6.    Memiliki kemampuan operasi yang setara dengan user interface yang dikembangkan dengan tidak berbasis web.
7.    Bilamana diperlukan sistem bisa dibuat online sehingga bisa diakses oleh semua pengguna yang memiliki akses internet.




               Informasi Web berbasis Geographic Information System (GIS) merupakan bagian informasi berbasis peta dengan menampilkan titik-titik informasi tentang posisi hutan, transportasi, kepadatan penduduk, sumber daya alam dan informasi lainnya.
               Dengan GIS informasi dapat dibedakan dengan warna, garis dan titik-titik yang menyatakan makna dari setiap informasi tersebut. GIS sudah banyak di implementasikan di pemerintahan yang memiliki data dan inforamsi jangka panjang.
               Berikut beberapa website yang memberikan informasi berbasis GIS :
1.    Situs Informasi Geografis KEHUTANAN yang berisi informasi tentang Pelepasan Kawasan Hutan, Pinjam Pakai Kawasan Hutan, Pemanfaatan Kawasan Hutan, KPH, Penutupan Lahan, Lahan Kritis, Batas DAS, Kawasan Hutan, Kantor Kehutanan, Landsat.
2.    Direktorat Jendral MINERAL dan BATUBARA yang berikan informasi tentang :Peta Dasar, Litologi, Cekungan Air Tanah, Hutan, Infrastuktur, Potensi, KK (2010), PKP2B (2010), WKP (2009), KP (Sebelum UU No. 4 /2009), Sharing Data Dinas ESDM

3.    Departemen Perhubungan merupakan WEB GIS pemenrintah Indonesia yang memberikan informasi tentang transportasi Darat, laut dan udara.
              Layanan web berbasis GIS telah menambahkan dimensi baru sama sekali di mana industri GIS bekerja. GIS web telah membuat sangat mudah untuk berbagi data spasial melalui World Wide Web dan dapat diakses oleh setiap pengguna di setiap sudut dunia tanpa memiliki software GIS khusus yang dimuat pada mesinnya. Web GIS memiliki potensi untuk merevolusi cara di mana GIS dikembangkan, diakses dan digunakan di seluruh dunia.
 
                Web GIS umumnya menggunakan 3-tier arsitektur. Hal ini memungkinkan untuk mengakses data atribut bersama dengan data spasial melalui internet. Pertanyaan dasar seperti-Routing, Lokasi Wireless, finder Alamat dapat dilakukan dengan mudah. Data ini dapat diintegrasikan dengan teknologi mendatang lainnya misalnya GIS integrasi dengan Mobile Phone, GIS integrasi dengan CCTV.
            Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data GIS dan fungsionalitas melalui web dan untuk mengintegrasikan mereka dengan sistem mereka sendiri dan aplikasi tanpa perlu untuk mengembangkan atau host alat GIS yang spesifik dan set data sendiri.
            Web GIS telah membantu untuk menciptakan platform saluran distribusi independen untuk data GIS. Aplikasi dapat berbagi data dari sumber data yang berbeda dan format dan minta mereka digabungkan dalam satu aplikasi, tanpa itu menjadi jelas bahwa data yang telah datang dari sumber yang berbeda atau lokasi.
            Desktop GIS adalah memiliki keterbatasan tertentu. Pengguna perlu memiliki software tertentu diinstal lebih mesinnya, Data tidak dapat dibagi di luar organisasi Anda atau juga dalam organisasi, sulit untuk men-download data dari berbagai sumber dan melihatnya selama beberapa platform bersama. Kesulitan-kesulitan ini telah digantikan oleh GIS Web. Data dapat dibagi di seluruh dunia tanpa memiliki perangkat lunak tertentu. Pemerintah organisasi seperti Rekor Tanah atau Dewan Kota dapat mempublikasikan data mereka untuk penggunaan orang biasa. GIS web memainkan peran kunci dalam membuat teknologi GIS terjangkau dan berguna bagi ribuan pengguna itu dalam arti sebenarnya.

2.6.    Contoh Pemanfaatan Web GIS
               Ketika terjadi Tsunami di Aceh bukti kehebatannya baru dapat kita analisa jika sudah ditampilkan kedalam bentuk peta. Gambar tersebut dapat memberikan banyak arti dan informasi lebih jika dilengkapi dengan data-data yang akurat.
Wilayah Uleule Sebelum Tsunami

Wilayah Uleule setelah Tsunami

                        Berikut ini adalah beberapa pengembangan applikasi GIS Web yang memungkinkan untuk dikembangkan :
Sektor
Gambaran
Contoh
Facility Management
Manajemen Gedung Besar yang kompleks
Organisasi ruangan seperti Kampus dan Rumah Sakit
Navigation Support
Navigasi kendaraan Bermotor
Location Base service yang menampilkan posisi saat ini dan
lingkungannya
Lingkungan
Lingkungan perkotaan seperti karakteristik kebisingan, arah
angina, emisi, dll
Menampilkan pengurangan emisi
Bencana Alam
Mengorganisasi aliran kerja penanganan bencana
Mengarahkan team penyelamatan, menentukan dan mengontrol lokasi
pengungsian dengan real time data
Supply engineering
Manajemen Supply
Mengorganisasi jaringan



BAB III
PENUTUP


3.1        Kesimpulan
·      WebGIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet / web.
·      Tujuan dari WebGIS ini :
1.      Mengembangkan peta digital berbasis WebGis untuk memudahkan pencarian data dan informasi tentang jaringan jalan, Fasilitas transportasi, aluran pematusan dan sarana prasarana pemadam kebakaran.
2.      Memutakhirkan data dan menyusun mekanismenya yang bisa diterapkan.
·      Manfaat dari WebGIS ini :
1.    Tersedianya peta atau informasi yang berbasis WebGIS yang tersusun dengan baik, akurat, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh awam sekalipun, baik berupa data maupun peta skematik.
2.    Mendukung perencanaan makro jaringan jalan, transportasi, sistem drainase, sarana dan prasarana pemadam kebakaran di Kota Surabaya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
·      Banyak software yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi WebGIS baik yang berbayar maupun yang gratis (Free Open Source GIS). Software WebGIS berbayar : ESRI ArcGIS Server, DEMIS, GeoMedia WebMap, MapInfo MapXtreme. Sedangkan yang Open source : SGeo Live 5.0, SAGA GIS, MS4W (MapServer For Windows), PostgreSQL, MapGuide Open Source, ALOV, GeoServer, MapBender, OpenLayer.
·      Keuntungan Menggunakan WebGIS
1.    Bisa menjangkau pengguna yang luas bahkan seluruh dunia, dengan biaya yang cukup murah.
2.    Pengguna tidak perlu perangkat lunak khusus, cukup menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, Google Chrome dan lain sebagainya.
3.    Bisa menyajikan peta interaktif seperti halnya menggunakan perangkat lunak GIS desktop.
4.    Tidak tergantung dari sistem operasi sehingga bisa dioperasikan pada semua komputer dengan berbagai sistem operasi.
5.    Tidak memerlukan software dan tool khusus dalam pengoperasiannya karena pada dasarnya yang diperlukan hanyalah browser yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.
6.    Memiliki kemampuan operasi yang setara dengan user interface yang dikembangkan dengan tidak berbasis web.
7.    Bilamana diperlukan sistem bisa dibuat online sehingga bisa diakses oleh semua pengguna yang memiliki akses internet.
·      Berikut beberapa website yang memberikan informasi berbasis GIS :

3.2        Saran
                  Makalah ini sangat jauh dari kesempurnan, maka dari itu saya selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran untuk makalah ini yang tentunya sangat bermanfaat bagi saya dalam menyempurnakan makalah ini. Semoga makalah ini bisa menjadi salah satu acuan dalam pembuatan makalah selanjutnya.


DAFTAR PUSTAKA
           
http://indahamoyblue.blogspot.com/2012/03/pengembangan-web-gis.html
http://moly-lidya.blogspot.com/2012/04/tools-pengembangan-web-gis-open-source.html
http://dennycharter.wordpress.com/2008/05/08/konsep-dasar-web-gis/
http://estymaniez.blogspot.com/2009/06/web-gis.html

48 comments:

Yulvi said...

Ass...
salam knal..
:) mklah nya bgus..
apa saya boleh minta softcopy nya?

Unknown said...

Wss...
Makasih :)
Boleh, kirim aja emailnya..

Unknown said...

Ass Bu...
salam kenal
apa saya boleh minta sofcopy minerba ?
makasih

Unknown said...

Wss...
Bu? Sy msh mahasiswa loh.
Boleh, kirim aja emailx..

Unknown said...

Wss...
Bu? Sy msh mahasiswa loh.
Boleh, kirim aja emailx..

Unknown said...

boleh saya minta soft copy kp minerba se Indonesia
adhaniwijaya@gmail.com

refansyafii.blogspot.com said...

apakah aku boleh minta sofft copy nya

FAUZI RAHMAN said...

Ass...
salam knal..
:) mklah nya bgus..
apa saya boleh minta softcopy nya?
fauzirahman_fr7@yahoo.com

Terimakasih

Unknown said...

adhani : sy sdh krmkan soft copyx. silahkan cek emailx..
Refan : boleh, kirim aja emailx
Fauzi : makasih :) cek emailx yah

s said...

tolong kirim juga softcopy nya bu.. buat belajar..
gre.gre85@gmail.com

Unknown said...

cocok buat refrensi sya ...
bagus,,,
boleh olong kirin soft copynya.
ke: chalullaby7@gmail.com

papat said...

boleh minta softcopy nya...buat referensi mba.
papatsaja@gmail.com

Anonymous said...

ass..
boleh minta softcopy nya??
email : ryan.antono@student.unsika.ac.id

makasih :)

Unknown said...

asslamu'alaikum..
makalah ini sangat bagus, bermanfaat untuk referensi saya, boleh dong mba saya minta softcopy nya ?? ^_^

email :494nws@gmail.com

makasih sebelumnya ;)

bbungmin said...

kak,mau tanya jadi Geoserver ini termasuk ArcGis atau ga kak?

Unknown said...

Assalammualaikum.bu boleh saya minta email kan softcopy nya.terima kasih

scooterist801@yahoo.co.id

Unknown said...

assalamualaikum bu
apa boleh saya minta panduan atau sourch nya untuk belajar ??

reflannuari@gmail.com

teriamaksih

Unknown said...

Ass...
salam knal..
:) mklah nya bgus..
apa saya boleh minta softcopy nya?
kl berkenan bs aja dikirim ke email sy di jamaldaha@yahoo.co.id
trimakasih bnyk...

Unknown said...

assalamu'alaikum
makalahnya bagus, kalau berkenan bolehkah saya minta softcopy nya
vidiaputrai@yahoo.com
makasih mbak :D

Unknown said...

Walaikumsalam Wr.Wb
Untuk smua yg minta softcopyx silahkan cek emailx yah. smoga bisa membantu :)
maaf baru bisa balas skrg..

Unknown said...

assalamu'alaikum
makalahnya bagus,kebetulan TA saya mengambil tema yg seperti itu, kalau berkenan bolehkah saya minta softcopy nya
eza_zae@rocketmail.com
makasih banyak mbak.

Unknown said...

assalamu'alaikum
kebetulan saya lagi da tugas buat bikin tentang WEBGIS, boleh saya minta soft copy nya mbak...
umie_mk@yahoo.com
makasih banyak mb...

Unknown said...

assalamu'alaikum
makalahnya bagus, kalau berkenan bolehkah saya minta softcopy nya
email saya : vu_wan@rocketmail.com
terima kasih banyak mbak...

Unknown said...

Assalamualaikum dek...
Saya tertarik ni dgn webgis. Bs lebih dalam lg dpt infonya.
Ini email saya : hady.lesmana@gmail.com.
Bs tw email adek?

Wassalam

Unknown said...

Ass...
salam knal..
:) mklah nya bgus..
apa saya boleh minta softcopy nya?
plis q ngrjain skripsi skrang..
ini email saya : dakumuslim@yahoo.com

makasih

Unknown said...

bu boleh saya minta softcopy web gis pertambangan nya???

mif_t@ said...

Assalamualaikum .....
Saya Proses mendalami GIS bu, bisa minta softcopy nya bu.
req. softcopy ya bu bisa dikirim ke tata.la.mania@gmail.com atau miftahul.huda@visionet.co.id

#terima kasih bu, mhon konfirmasinya.

Daus Lahilote said...

softcopy nya dong...fhantomx6@gmail.com

Unknown said...

Assalamualaikum...Saya tertarik dgn webgisnya. Utk lbh intens apa bs via telp.. setidaknya biar sy yang menghubungi mba'. utk awal ini email saya : hady.lesmana@gmail.com. Trims.

Unknown said...

saya lagi membuat skripsi tentang web gis.
boleh minta softcopy.nya ngak.?

email saya : ehemehemputri@yahoo.co.id

makasih.
mohon bantuannya :)

Unknown said...

assalamuailaikum kak, boleh saya minta softcopy nya, ini email saya: dellaameliadeluik@gmail.com

Unknown said...

Assalamuailaikum Wr. Wb boleh saya minta softcopy nya,untuk bahan bacaan
ini email saya: hengki.212012@gmail.com
Trimakasih

Anonymous said...

Salam kenal Bu Nirmala, apakah saya bisa minta softcopy minerba untuk bahan penelitian. Email saya hendy.trisnanto@yahoo.co.id
Terima kasih.

Unknown said...

thanks.... helpful haha lagi belajar buat webGIS saya.

https://mayankjuix.blogspot.com said...

bagus bu,,, pas banget untuk bahan skripsi saya. apa bisa saya minta panduan atau sourch nya. krim email .
mayxenxena@gmail.com
makasih

Unknown said...

Saya tertarik dengan tulisan Ibu di blog ini, apa saya bisa minta softcopy untuk referensi tugas saya novalputratama@gmail.com Terimakasih

Unknown said...

Bagus banget tulisannya, mudah di pahami dan singkat tetapi lengkap isinya. Minta izin untuk dicopy ya. Tks.

Abu Sab'ah Muhammad said...

Mbak minta malalahnya ya.
Email. myunanto@gmail.com

Willy Dwi Irawan said...

willydwi16@gmail.com
minta softcopynya untuk referensi tugas

Unknown said...

Mudah dipahami .artike ajuga jelas .semoga bermanfaat ... Sangat berarti

Unknown said...

terima kasih gan makalah tentang gis dengan ini saya lebih mengerti apa itu gis

kunjungi juga website saya
http://papazola.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
www.atmaluhur.ac.id

Yoga Pratama said...

Saya tertarik dengan tulisan Ibu di blog ini, apa saya bisa minta softcopy untuk referensi tugas, Terimakasih.

Kunjungi Website saya :
http://yogapratama.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
Juga Website Kampus saya :
www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

assalamu'alaikum
makalahnya bagus, kalau berkenan bolehkah saya minta softcopy nya

jangan lupa kunjungi website saya : https://sfasah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

assalamu'alaikum
makalahnya bagus, kalau berkenan bolehkah saya minta softcopy nya
jangan lupa kunjungi website saya : https://Denosaputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

leor said...

Terimakasih untuk sharing makalahnya. Makalahnya bagus dan sangat bermanfaat untuk belajar WebGIS. Untuk masukkan saja ada pengulangan kalimat-kalimat sebagai berikut: "GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS." saran dari saya kalau bisa diperbaiki untuk menjadi makalah yang lebih baik lagi. Terima Kasih.

Silahkan mengunjungi website saya di: https://leor.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya di: http://www.atmaluhur.ac.id/

sandimario28 said...

Terimakasih untuk sharing makalahnya. Makalahnya bagus dan sangat bermanfaat untuk belajar WebGIS. Untuk masukkan saja ada pengulangan kalimat-kalimat sebagai berikut: "GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data.
Kunjungin website kami juga Gan
Di:
https://sandimario28.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

makalah ini bagus sekali, penjelasannya dapat dipahami dengan cepat. jangan lupa kunjungi web saya https://romadiansya.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan web kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

izin copy makalahnya admin, bermanfaat sekali buat bahan belajar saya. kunjungi juga :
www.atmaluhur.ac.id & https://ikhwan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/beranda

Post a Comment