Thursday, October 18, 2012

Kegiatan Proyek dan Kegiatan Operasional

Perbedaan yang mendasar antara kegiatan operasional dan kegiatan proyek adalah kegiatan operasi didasarkan pada suatu konsep mendayagunakan sistem yang telah ada, apakah berbentuk pabrik, gedung atau fasilitas yang lain, secara terus menerus dan berulang-ulang sedangkan kegiatan proyek bermaksud mewujudkan atau membangun sistem yang belum ada.

Dengan demikian, urutannya adalah sistem (fasilitas atau produk) dibangun atau diujudkan lebih dahulu melalui proyek, baru kemudian dioperasikan  sebagai kegiatan rutin. Kegiatan operasional misalnya kegiatan memproduksi semen di pabrik semen atau merakit mobil di bengkel, dimana  kegiatan proyeknya adalah membangun pabrik semen dan bengkel otomotif.

Contoh proyek dan kegiatan operasional
            Tugas akhir/skripsi bisa dikatakan sebagai kegiatan proyek, karena tugas akhir memerlukan ide-ide baru untuk membuat sebuah program yang baru, yang mempunyai manfaat sesuai dengan tujuan yang dicapai. Tugas akhir juga menargetkan batasan, waktu, biaya, dan memerlukan bimbingan orang yang ahli (berkompeten) di dalam pembuatan sebuah program yang telah direncanakan.
            Contoh kegiatan operasional pada sebuah perusahaan faber-castell yang memperbaharui produk-produk alat tulis mereka secara rutin dengan tetap mempertahankan kualitas. Karena kualitas merupakan hal utama yang menjadi perhatian customer dalam memilih produk alat tulis.  Faber –Castell secara konsisten meluncurkan produk-produk yang berinovasi tinggi agar memiliki fungsi, desain yang menarik dan tentunya dengan harga yang terjangkau.    

Karakteristik kegiatan proyek atau operasional
            Suatu kegiatan dikatakan proyek jika kegiatan tersebut memiliki batas waktu, memiliki batas anggaran dan terdiri dari banyak kegiatan. Sedangkan suatu kegiatan dikatakan sebagai kegiatan operasional karena kegiatan tersebut berlangsung secara terus-menerus sampai perusahaan tutup, tidak memiliki banyak anggaran dan kegiatannya relative sama.


0 comments:

Post a Comment