Tuesday, April 10, 2012

Perbedaan Password dan Passphrase


Password Adalah suatu bentuk dari data otentikasi rahasia yang digunakan untuk mengontrol akses ke dalam suatu sumber informasi. Password akan dirahasiakan dari mereka yang tidak diijinkan untuk mengakses, dan mereka yang ingin mengetahui akses tersebut akan diuji apakah layak atau tidak untuk memperolehnya.


Walaupun demikian, password bukan berarti suatu bentuk kata-kata; tentu saja password yang bukan suatu kata yang mempunyai arti akan lebih sulit untuk ditebak. Sebagai tambahan, password sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang lebih tepat disebut pass phrase. Password kadang-kadang digunakan juga dalam suatu bentuk yang hanya berisi angka (numeric); salah satu contohnya adalah Personal Identification Number (PIN). Password umumnya cukup pendek sehingga mudah untuk diingat. (http://admin-ict.blogspot.com/2009/06/pengertian-password-dan-perkembangannya.html)

Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya). (http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/06/08/waktunya-untuk-mengubah-password-di-internet/)

Passphrase memberikan harapan yang menjanjikan untuk menggantikan sandi lewat biasa. Passphrase biasanya cukup panjang, karena tersusun dari beberapa kata, dan juga sulit ditebak karena kata-katanya bisa tidak memiliki arti karena diambil menggunakan bilangan acak.

Passphrase Key adalah encyption key yang digunakan untuk mengontrol akses ke sistem komputer, program, atau data. Passphrase ini hampir mirip dengan password, namun secara umum dengan bentuk input sequence untuk kata atau bentuk teks lainnya yang lebih panjang, menjadikan tingkat keamanannya lebih tinggi. (http://infoku.ilmugrafis.org/apa-itu-passphrase-key)


0 comments:

Post a Comment